Followers

14 Mar 2013

Kopi dan Vitamin C Musuh Ketat?

 
 
Soalan:
 
Boleh tak Makbed explain sikit, macam mana dikatakan HKCC ni boleh ada vitamin C di dalamnya, sedangkan dari apa yg saya belajar, kopi dan vitamin c ni tak leh bekerjasama kerana sifat kafein ni memusnahkan vitamin c. 
Ce explain sat.
 
 
 
 
HAHAHA..
Penah terpikir tak?
 
 
 
 
Berikut adalah jawapan Makbed sendiri lah ye.
I am no doctor in order to give the VERY SPECIFIC ANSWER with all the scientific methods and formulas. 
This is not what Makbed: The Journal are for. 
Tugas saya adalah menterjemahkan sesuatu mengikut kefahaman semasa, supaya korang suma buleh paham.
Paham?
 
 
 
 
....
 
 
 
 
Memula.. meh kita kaji dulu apakah maksud Collagen, Vitamin C dan Coffee. 
 
 
Collagen.
 
Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaan kolagen adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Kolagen adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Kata kolagen sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya (bersifat lekat atau menghasilkan pelekat).
SUMBER

 
 
Perasan tak, bila makin tua, ramai yg ngadu sakit lutut, tumit dan tangan mula ketar-ketar? 
Haa.. itu petanda kurangnya kolagen. 




Apakah vitamin C?
 
Vitamin C, atau turut dikenali sebagai asid askorbik ialah vitamin larut air. Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang memerangi radikal bebas daripada merosak dan memusnahkan sel. Merupakan vitamin penting dalam pembentukan kolagen dan meningkatkan sistem imun tubuh.


SIfat vitamin C:
  • Antioksidan
  • Collagen maker
  • Anti kimia
  • Protector gate
  • Vitamin larut air
  • Tidak boleh dihasilkan oleh tubuh manusia tetapi boleh dalam tubuh haiwan
 
 
Nampak?
Manusia takleh hasilkan vitamin C sendiri, yet kita memerlukan vitamin C. Kena dapatkan melalui haiwan atau tumbuhan.  Allahuakbar. 
Betapa Allah ciptakan dunia ini saling memerlukan, kan?
*Insaf jap. 
 
 
 
Okeh.. Cukup takat tu.
 
 
Meh kita kaji kopi lak.
 
 

Kopi adalah minuman yang dicampurkan dengan air panas yang disedia daripada benih panggang, biasanya dipanggil biji kopi, bagi tumbuhan kopi. Disebabkan kandungan kafeinnya, kopi mempunyai kesan perangsang pada manusia. Hari ini, kopi adalah satu daripada minuman paling disukai itu di seluruh dunia.
Kopi adalah pertama diminum dalam abad kesembilan, apabila ia telah ditemui di tanah tinggi Etiopia. Dari situ, ia merebak ke Mesir dan Yemen, dan pada abad ke-15, telah sampai Armenia, Farsi, Turki, dan di utara Afrika. Dari dunia Islam, penyebaran kopi ke Itali, dan seluruh Eropah, dan ke Amerika.
 
 
 
 
Jika kita memandang ke arah keburukan kopi tanpa mengeahui sifat-sifat asal kopi dan manfaatnya, maka kita akan cakap KOPI INI TAK BAIK.
Sedangkan kopi sudah LAAAAAAAAAAAAAAAMA menjadi minuman kegemaran manusia berabad-abad dan bukan hanya orang melayu je suka minum kopi. 
Betul?
 
Suka MAkbed gtau, apa saja menda kalau kita amik secara berlebihan, biarpun menda tu adalah baik sekalipun, ia buleh membawa mudarat.
Kita tak leh cakap bahawa kopi ini JAHAT, tak baik. Sampai takleh ambil lansung.
Banyakkan bacaan dan kita akan tahu bahawa kopi ni sebenarnya banyak manfaat, melebihi keburukannya,
HAnya kita yg tidak tahu, dan menyalahgunakan kopi tu, sehingga membuatkan imej kopi tu tampak buruk. 
 
 
 
Boleh baca wikipedia jika mahu tahu lebih lanjut.. versi bahasa MELAYU dan versi bahasa INGGERIS. 
 
 
 
 
 
Suka MAkbed nak share artike buat orang yg prejudis tentang kopi.
Boleh baca di bawah ni. Aku dah copy paste dah..
 
 
Perdebatan tentang manfaat dan bahaya kafein pada kopi sudah lama berlangsung, tapi menurut penelitian terakhir, hasilnya membawa kabar baik bagi pecinta kopi, seperti yang dilansir oleh onemedical sebagi berikut :
  1. Kopi mengandung antioksidan yang sehat, bahkan kopi mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan teh hijau dan cocoa.
  2. Kafein bisa mendongkrak sementara kemampuan memori karena kafein membuat efek di area tertentu pada otak yang mengatur daya ingat dan konsentrasi, meskipun hasil penelitian masih belum diketahui sampai berapa lama. Kafein bisa menjadikan aliran pikiran lebih cepat dan jernih serta mengusir rasa kantuk dan lelah. Setelah mengkonsumsi kafein, seseorang bisa meraih pencapaian intelektual yang lebih tinggi. Berkat kafein pula, aktivitas motorik dan stimuli panca indra jadi lebih lancar.
  3. Kopi bisa melindungi dari penurunan kemampuan kognitif seperti mencegah penyakit Alzheimer dan jenis dimensia yang lain. Riset menemukan bahwa minum 3 – 5 gelas kopi setiap hari dapat menurunkan 65% resiko Alzheimer dan dimensia.
  4. Kopi sehat buat jantung karena dari hasil studi selama 13 tahun menunjukkan, dari 37 ribu orang, mereka yang minum kopi 2 sampai 4 cangkir setiap hari 20% lebih rendah terkena penyakit jantung.
  5. Kopi bisa mencegah tipe kanker tertentu. Pria yang minum kopi lebih rendah resiko terkena kanker prostat. Dan riset di Harvard School of Public Health menunjukan wanita yang minum 4 sampai 5 cangkir sehari menurunkan resiko 25% terkena kanker endometrial. Kopi juga mencegah kanker payudara, karena kopi dapat melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yaitu merupakan penahan pertumbuhan tumor/kanker.
  6. Kopi bisa mengurangi resiko terkena diabetes type 2. Studi tahun 2009 menunjukkan penurunan sebanyak 7% pada mereka yang minum secangkir setiap hari. Penelitian sebelumnya melaporkan penurunan 50% pada mereka yang minum 4 cangkir setiap hari. Kandungan zat yang terdapat pada kopi dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah. Namun perlu di ingat juga bahwa dalam mengkonsumsi kopi jangan terlalu banyak menggunakan gula karena sama saja bohong. Gula yang berlebih akan mengurangi khasiat kopi untuk melawan diabetes.
  7. Kopi baik untuk liver. Selain menurunkan resiko kanker hati juga menurunkan sirosis hati. Dari penelitian yang dipimpin oleh Monami Inoue dari Ntional Cancer Center Tokyo terhadap 90.000 orang Jepang, terbukti bahwa konsumsi kopi menurunkan resiko kanker hati sampai separuhnya. Studi Archives of Internal Medicine menunjukkan hubungan terbalik antara banyaknya kopi yang diminum dan turunnya resiko sirosis hati.
  8. Kopi bisa membantu meningkatkan stamina olah raga. Riset terakhir menunjukkan meminum 5 cangkir sehari (setara 500mg) tidak cukup mendehidrasi seseorang saat berolah raga, kopi bisa melawan lelah.
  9. Kopi melawan depresi pada pria maupun wanita.
  10. Kopi melindungi dari asam urat. Studi independen menemukan minum kopi tiap hari menurunkan resiko terkena asam urat. Peneliti di Nurses’ Health menganalisa sebanyak 90000 perawat wanita selama waktu 26 tahun menemukan korelasi positif antara konsumsi kopi jangka panjang dan penurunan resiko asam urat.
  11. Mencegah batu ginjal, hal ini dikarenakan adanya stimulan sehingga bersifat diuretik alami yang dapat mempercepat pembentukan urin. Ya tapi efeknya jika anda keseringan minum kopi ada akan lebih sering ke kamar mandi alias beser.
  12. Membantu pernafasan sebab kafein telah diteliti dapat memperkuat kerja tonus yaitu otot paru-paru yang membantu pernafasan sehingga dengan mengkonsumsi kopi dapat melancarkan pernafasan. Sehingga bagi anda yang mengkonsumsi rokok disarankan mengkonsumsi pula kopi setiap harinya untuk membantu kinerja otot paru-paru anda.
  13. Mengurangi resiko stroke. Sebuah studi atas lebih dari 83 ribu wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.
  14. Menurut hasil penelitian yang dilakukan Universitas Sao Paulo Brazil, disimpulkan bahwa kafein mampu merangsang sel-sel sperma dalam tubuh pria, sehingga kesuburan seseorang dapat meningkat. Inti dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kulitas sperma para peminum kopi lebih sehat dibandingkan sperma orang yang tidak meminum kopi. Kesuburan sperma para peminum kopi disebabkan oleh unsur-unsur yang dikandung kafein. Setelah diteliti, kafein yang terdapat dalam kopi dinilai memiliki kemampuan meningkatkan kecepatan berenang sel sperma.


Selain manfaat yang terkandung di dalam kopi, ada juga efek negatif yang perlu diwaspadai :
  1. Para peneliti meyakini bahwa meminum kopi yang berkafein dapat menyebabkan pengerasan dinding arteri yang mengganggu kinerja jantung kita. Kafein seperti halnya zat alkohol dan nikotin, memiliki kemampuan untuk larut dalam darah yang sampai ke bagian otak, sehingga mempengaruhi pikiran dan menimbulkan kecanduan orang-orang yang banyak mengkonsumsi kafein. Pengaruh kecanduan tersebut ditakutkan sampai taraf yang bisa dikatakan cukup kritis.
  2. Sebuah penelitian yang dilansir The Caffeine Web menyebutkan beberapa ahli psikiatri, ahli penyakit alergi dan zat beracun–toksikologi, menengarai zat kafein sangat potensial menimbulkan gejala penyakit mental. 80% populasi masyarakat dunia mengkonsumsi kafein, dan 25% di antaranya didiagnosis mengalami gangguan mental.
  3. Peminum kopi berat akan mengalami kekhawatiran kronis, gelisah, dan lekas marah. Dosis kopi sangat besar atau setara dengan sepuluh cangkir kopi kental yang diminum berturut-turut, menghasilkan efek beracun, yaitu muntah, demam, kedinginan, dan mengalami kebingungan mental.


Lalu bagaimana agar kita mendapatkan hasil positif yang optimal dari minum kopi ? Ingat bahwa minum kopi berlebihan hanya menjadikan kopi sebagai minuman beracun, sama halnya sebuah obat yang dapat berubah menjadi racun jika melampaui dosis maksimal pemakaiannya. Jadi, minumlah kopi dalam jumlah wajar. Sejauh ini belum ada laporan efek negatif kopi dari dosis kafein sebanyak 300 mg sehari (satu gelas kopi rata-rata mengandung 100 mg kafein). Batas wajar yang dianjurkan adalah sekitar 3 (tiga) cangkir kopi, rata-rata 236 ml per harinya.

Jika kita ingin menjaga kondisi kesehatan jasmani, maka diperlukan sebuah kewaspadaan dalam menikmati kopi. Oleh sebab itu, kita harus pandai membaca kondisi tubuh, mulai dari kualitas kesehatan pribadi, zat-zat toksik yang dikandung kopi, dan sampai kadar dosisnya, sehingga kita dapat menghindari efek negatif dari kopi.

Perlu diingat bahwa maksud awal minum kopi adalah untuk mendapatkan kenikmatan, sehingga kerusakan pada tubuh akibat kelalaian kita sendiri dalam mengkonsumsinya jelas bukan sesuatu yang kita inginkan.

Sumber Artikel :
  • http://embunpagihari.com/kesehatan/kopi-dan-manfaatnya-buat-kesehatan/#more-563
  • http://permathic.blogspot.com/2012/03/kandungan-dan-manfaat-kopi.html
  • http://blog.uin-malang.ac.id/meidoasa/tag/kandungan-kopi/
 Sumber : http://blogjajatsudrajat.blogspot.com/2012/05/manfaat-dan-bahaya-kafein-pada-kopi.html
 
 
 
 
BETULKAH KOPI DAN VITAMIN C TIDAK BOLEH BERSATU?
Jika diambil bersama, lebih merugikan?
 
 
JAwapan:
No dan Yes.
 
 
Hahaha.. 
Ada 2 jawapan.
 
 
Sebenarnya, kafein ini bukan sahaja boleh merosakkan kandungan vitamin c dalam badan. Tapi boleh merosakkan semua kandungan vitamin yang lain, dalam badan. 
Kafein boleh mengurangkan penyerapan segala bahan penting yg diperlukan badan. 
BOLEH BACA SINI ---> HEALTH BY NATURE
 
 
 TApi, ia tidak bermakna anda tidak boleh ambil lansung.
Logik akal...
Adakah kerana kita takut sakit gigi, kita tak boleh ambil lansung gula?
Adakah kerana takut kena kencing manis, kita tak boleh minum lansung menda manis selama hidup?
Adakah kerana takut kena penyakit darah tinggi, kita haramkan diri kita dari mengambil garam?
Adakah kerana kita takut gemok, kita melarang diri kita amik sebarang karbo dan nasik?
Adakah kerana bimbang lemak penuh dalam badan, kita tak makan daging? 
 
Sedangkan, semua bahan-bahan itu adalah SANGAT PENTING untuk kesejahteraan tubuh badan kita??
 
 
Sila jawab.
 
 
 
JAdi, apakah kesimpulannya?
 
 
Kesimpulannya, kita boleh makan apa saja cuma kita perlulah tahu beberapa perkara... iaitu:
 
Bagaimana nak makan?
Bila nak makan?
Kenapa nak kena makan?
 
 
 MAka bila kita tahu semua tu , kita akan jadi lebih waras ketika makan apa saja pun. 
 
 
Sementelah kopi ini sifatnya ADDICTIVE, ianya akan membuatkan kita sentiasa 'bergantung' kat kopi bila-bila pun. 
Apaatah lagi kopi ini juga bersifat 'menenangkan' dan juga 'meransang'. 
JAdi, secara lumrahnya, manusia memang suka menda yg boleh membuatkan diri bertenang dan teransang.



Sementelah itu, bagaimana pulak nak minum kopi tapi tak efek vitamin c dalam badan?


HAa.. ada caranya.



Antaranya:
  • JArakkan pengambilan kopi dan vitamin c.  Amik kopi dulu then lepas 5 jam amik vitamin c.  
  • Minum air masak super banyak. Jangan malas. PENTING!
  • Kurangkan minum air manis sebab air manis memekatkan darah dan menyukarkan proses penguraian segala vitamin yg kita makan. 
  • Jangan makan ubat sekali banyak. Ini memang tabiat ganjil sesetengah orang. Ikut arahan doktor ler. Doc kata makan 1 biji 2 kali sehari, maka ikut lah. JAnganlah makan 2 bijik sekali makan. Dan, ramai yg suka makan vitamin sebelum tidur sedangkan masa nak tidurlah kita paling kurang minum air. Dan, air adalah medium penting untuk keberkesanan vitamin yg kita ambil, tahu?
  • Jangan amik vitamin bersama ubat. PErlu tahu, vitamin dan ubat adalah berbeza. JArakkan pengambilan. 
  • Amik Haida Kamaruzaman Collagen Cappucino (HKCC) . Udah ade vitamin c siap-siap. Hehehhee...


 
 

 
 
 
As for Haida Kamaruzaman Collagen Cappucino (HKCC) kandungan kopi  di dalamnya telah diadun dengan baik agar dapat disesuaikan dengan kehadiran vitamin c dan collagen di dalamnya.
MAlah diperhebatkan lagi dengan kehadiran beberapa herba lain supaya rasa kopinya lebih hebat dan dalam masa yg sama pengamalnya mendapat manfaat tambahan. 
BAhan-bahannya seimbang.
Sebab itulah rasanya sangat osem.
Tiada seumpamanya. 
 
Cuma, Makbed nak pesan pada pengguna HKCC supaya mengambil kopi secara berhemah.
PErhatikan perubahan diri. 
Jika badan rasa mcm nak demam tu, minum banyak air. Kurangkan pengambilan. 
Di HKCC, kami tidak pernah paksa pengguna untuk terus beli dan minum jika ianya tidak mendatangkan manfaat pada diri mereka sendiri. 
KAmi cuma suruh RASA jer. 
 
 
 Dan,jika mahu ambil supplement lain, tiada masalah.
Ianya lebih digalakkan. 
Susu pun kena minum. 
Vitamin pun kena amik untuk sejahterakan badan. 
Bonus untuk diri sendiri. 
Cuma, betulkan cara pengambilannya supaya apa yg kita makan tu, memberi kesan yang lebih efektif sekaligus tidak membuatkan wang kita terbazir begitu sahaja.
 
 
 Sekian.
 
 
Credits to semua link yang Makbed guna untuk rujukan. 
MAafkan saya jika ada yg terkurang dan melampau-lampau terlebih. 
 
 
Saya sayang anda semua
Semoga ini bermanfaat. 
 
 
 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Instagram

Instagram